JAHE MERAH BERBAHAYA UNTUK ASAM LAMBUNG, MITOS ATAU FAKTA?

Semua kita tahu jahe merah merupakan jenis tanaman obat yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan manusia diantaranya sebagai pereda rasa sakit, menambah stamina, mengurangi rasio penyakit jantung, mencegah bakteri pada mulut, menjaga kesuburan, mencegah diabetes, meredakan mual, hingga meningkatkan imunitas yang sebagaimana kita ketahui pada saat pandemi covid 19 imunitas seseorang menjadi prioritas guna sebagai pencegahan virus covid 19 tersebut.

Akan tetapi dari sekian banyak manfaat dari jahe merah ternyata ada sebagian dari masyarakat yang meyakini bahwasanya jahe merah juga memiliki efek negatif untuk penyakit asam lambung. Benarkah demikian?

Penyebab Asam Lambung :

Perlu kita ketahui bahwa naiknya asam lambung disebabkan dari berbagai faktor, akan tetapi yang paling sering dialami namun dianggap sepele adalah meningkatnya produksi asam lambung. Zat yang dikenal dengan asam hidroklorida, ini merupakan zat yang merangsang perut untuk memberi tanda untuk mengisi makanan.

Hal ini berawal dari pola makan yang tidak teratur, serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam, sehingga menyebabkan terkikisnya dinding lambung dan berakibat munculnya penyakit magh,tukak lambung (infeksi),bahkan di tingkat yang lebih parah asam lambung bisa menimbulkan kanker lambung

Fakta Jahe merah meredakan asam lambung

Ada banyak fakta yang menunjukkan bahwa jahe merah adalah obat herbal yang efektif meredakan asam lambung.  Mengutip dari Nakita.grid.id, jahe merah memiliki efek farmakologis antiinflamasi atau yang sering disebut antiradang.  Sifat jahe merah tersebut yang bermanfaat meredakan asam lambung tinggi. Tidak hanya itu, jahe merah memiliki sifat gastroprotektif yang bisa melawan bakteri jahat penyebab asam lambung. 

Adapun cara konsumsi jahe merah cukup mudah, yaitu dengan diseduh menggunakan air panas sebagai wedhang, bisa juga dicampur madu ataupun teh. Kemudian untuk membantu memaksimalkan proses kesembuhan bisa dengan mengkonsumsi BSM-10.

Butuh Bantuan?